Kamis, 03 Januari 2013

Penjelasan Explanation Text

explanation text adalah sesuatu teks yang diisi mengenai proses-proses yang terjalin dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu dan pengetahuan, budaya serta yang lain. sesuatu explanation text umumnya datang dari pertanyaan penulis tentang ‘why’ serta ‘how’ pada satu fenomena yang ada.

adapaun tujuan dari explanation text yaitu untuk menerangkan proses-proses yang berjalan di dalam pembentukan atau kesibukan yang tentang dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu dan pengetahuan, budaya, serta yang lain yang punya tujuan menjelaskan.

generic structur explanation text

di dalam explanation text mesti ada tiga unsur sisi susunan kata-kata explanation text, yakni :

general statement
di dalam general statement diisi mengenai penjelasan umum mengenai fenomena yang dapat dibicarakan, dapat berwujud pengenalan fenomena tersebut atau penuturannya.

squenced of explanation
a squenced of explanation diisi mengenai penjelasan sistem kenapa fenomena tersebut dapat berjalan atau tercipta. a squenced of explanation berwujud jawaban dari pertanyaan ‘why’ serta ‘how’ penulis kala bikin sesuatu explanation text. di dalam squenced of explanation dapat terdiri kian lebih satu paragrap.

closing
sebetulnya closing itu tidak terlist di dalam generic structure dari explanation text, akan tetapi umumnya orang berasumsi bahwa paragrap paling akhir dari sesuatu explanation text yaitu closing, walaupun sebenarnya itu adalah sisi dari squenced of explantaion yang diisi mengenai langkah akhir yang diterangkan pada sisi squenced of explanation.


agar lebih paham lebih rincian dari explanation tersebut, maka explanation text mesti ada beberapa ciri yang salah satunya adalah

1. memanfaatkan simple present tense
2. mengguankan abstract noun ( kata benda yang kelihatan )
3. mengguanakan passive voice
4. memanfaatkan action verbs

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar